Senin, 01 Februari 2016

Konsultasi Gizi Gratis;Bukti Kiprah Persagi Banyumas di Masyarakat


Masih dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional Tanggal 25 Januari 2016, pada tanggal 31 Januari 2016 Persagi Banyumas mengadakan konsultasi gizi gratis pada masyarakat, sebagai bagian dari kiprah Persagi Banyumas di masyarakat.

 Konsultasi gizi ini dilakukan di pusat  terbesar berkumpulnya warga Purwokerto saat Hari Libur yaitu di GOR Satria Purwokerto. Ribuan warga Purwokerto berkumpul setiap hari minggu di GOR Satria untuk melakukan aktivitas olahraganya termasuk senam, jalan sehat, ataupun olahraga lainnya. Oleh karena itu GOR sangat tepat dipilih sebagai tempat strategis untuk melakukan edukasi gizi pada masyarakat.



Ketua Persagi Banyumas yaitu Bambang Margono, SKM telah menerjunkan anggotanya sejumlah 37 orang untuk melayani konsultasi gizi pada  masyarakat.

Pengunjung GOR Satria sangat antusias menyambut kegiatan ini. Mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan langka untuk mendapatkan konsultasi gizi gratis dari para ahli gizi profesional  yang sebagian besar sudah berstatus Register Dietetik (RD) tersebut. Fasiltas yang disediakan diantaranya adalah pengukuran antropometri meliputi penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, pemeriksaan Tekanan Darah dan Konsultasi Gizi gratis.  

Data yang tercatat menyebutkan sebanyak 56 warga memanfaatkan kegiatan konsultasi gizi yang telah diselenggarakan oleh Persagi Banyumas. Sebanyak 23 orang melakukan pengukuran antropometri, sedangkan 33 orang melakukan konsultasi gizi.

Masyarakat banyak mengkonsultasikan  penyakit-penyakit yang dideritanya dan berusaha mencari solusi Diet dari para ahli gizi . Sebanyak 13 orang melakukan konsultasi Diet Rendah Kalori, 7 orang konsultasi Pola Gizi Seimbang, 4 orang konsultasi Rendah Kolesterol, 3 orang Diet Rendah Purin, 2 orang Diet Rendah Garam, 2 orang Diet Diabetes Mellitus, 1 orang Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP) dan 1 orang konsultasi Diet untuk mengatasi Obesitas.



Ketua Persagi Banyumas, Bambang Margono, SKM bersyukur atas kesuksesan acara yang dipandunya. Dia berterimakasih kepada segenap ahli gizi dan konselor yang sudah bersusah payah meluangkan waktu untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat. 

Warga yang mengikuti acara tersebut juga mengaku sangat puas dan terbantu dengan adanya konsultasi gizi secara gratis tersebut. Mereka  berharap kegiatan tersebut dapat secara rutin diselenggarakan oleh Persagi Banyumas.


0 komentar:

Posting Komentar